Plane Song – Katie Melua

Wawancara Katie Melua: ‘Hal yang paling aneh tentang pekerjaan ini adalah rasa superioritas yang Anda dapatkan’
Setelah selamat dari kerusakan, Melua dipersenjatai dengan perspektif baru dan merilis album kidal lagi, ‘In Winter’, minggu ini

Budaya Independen

Melua menggambarkan album barunya, In Winter, seperti kidal BMG / PIP
Terakhir kali saya bertemu Katie Melua saat menghadiri pesta ulang tahun ke 21.

Katie Melua - Pakaian Seksi Elegan
Katie Melua – Pakaian Seksi Elegan

Itu adalah malam yang berbicara banyak tentang industri musik. Penulis lagu penyanyi yang masih muda itu, yang tidak lama keluar dari Brit School for the Performing Arts, pasti mengenal beberapa tamu undangan, termasuk saya sendiri, saat berusia 21 di Hammersmith Palais yang sekarang sedih di London berlipat ganda sebagai peluncuran album.

“Ini adalah mimpi buruk saat itu, tapi saya juga memiliki keluarga dan teman di sana, dan melihat ke belakang saya bangga akan hal itu,” kenang Melua yang sekarang berusia 32 tahun, lebih tua, lebih bijak, lebih bahagia dan dengan 11 juta penjualan album, single penjualan besar “Hal yang paling dekat dengan Gila” dan “Sembilan Juta Sepeda” di bawah ikat pinggangnya. Sepanjang jalan dia telah menjual arena dengan emosinya yang menipis dan penuh perasaan, dan kepribadian yang terbuka secara terbuka bersekutu dengan kecantikan bermata gelap yang berasal dari latar belakang Georgia. Dia juga telah menikah di Kew Gardens mantan juara World Superbike James Toseland, yang membawa ibunya untuk melihat salah satu konsernya dan kemudian bertemu dengannya.

Dia menyanyikan satu minggu lagi di layanan peringatan Terry Wogan di Westminster Abbey. Wogan adalah orang pertama yang menjadi juara di radio dan salah satu dari sedikit penyiar dengan kekuatan untuk mengabaikan daftar putar yang tidak dapat dia dapatkan. “Dia memulai segalanya,” kenangnya. Juga, sepanjang perjalanan, dia telah menyanyikan dua kali untuk sang Ratu, sekali di depan umum di Royal Variety Performance dan pernah berada di Istana Buckingham pada jamuan malam pribadi (“Ratu berkata kepadaku: ‘Anda satu-satunya tamu kami yang harus bernyanyi untuk makan malamnya ‘. “).

Dan ada saat-saat buruk. Pada tahun 2010 yang mengejutkan penggemar dan teman sama, dia mengalami gangguan, yang merawatnya. Dia siap untuk membicarakannya sekarang, dengan mengatakan: “Itu adalah salah satu hal terbaik yang pernah terjadi pada saya. Itu sangat membesar, tapi menghentikan fantasi untuk bisa melakukan apapun. Hal yang paling aneh tentang pekerjaan ini adalah rasa superioritas yang Anda dapatkan. Itu adalah panggilan bangun yang sangat besar.

Paduan Suara Wanita Gori dari kampung halaman Melua yang dilakukan Georgia di albumnya (BMG / PIP)

Saya benar-benar keluar dari sana selama dua minggu, dan di rumah sakit selama enam tahun. Ada banyak hal yang sedang terjadi, keadaan di rumah dan jadwal kerja gila, dan Anda benar-benar percaya bahwa dunia berputar di sekitar Anda dan ternyata tidak. Apa yang saya dapatkan dari bekerja dengan wanita di paduan suara Gori adalah mereka tidak memiliki ego. Yang penting adalah musiknya.

Paduan Suara

Ah, ya paduan suara. Mereka adalah Paduan Suara Wanita Gori dari tanah air asli Melua di Georgia (orang tuanya, ayahnya spesialis jantung, membawanya ke Barat saat ia berusia sembilan tahun). Paduan suara sangat penting saat ini, dan bukan hanya karena kurangnya ego mereka. Fitur paduan suara pada album baru Katie Melua yang luar biasa di musim dingin. Dia kembali ke tanah airnya di Georgia dan pergi ke pegunungan di mana koor Gori berlatih setiap bulan September dalam kondisi yang cukup mendasar (“Kamar mandi tidak benar-benar bekerja,” kata Melua), lalu menggunakannya di album tersebut untuk mengesankan efeknya. Memang, tradisi Georgia tentang nyanyian polifonik termasuk dalam daftar aset budaya tak berwujud Unesco.

Lagu Rakyat / Folk Songs

Melua menggambarkan album barunya, dengan lagu-lagu mulai dari lagu-lagu rakyat Georgia sampai lagu-lagu rakyat Ukraina, sebuah nomor Joni Mitchell yang diekstrak dari “Vesper” Rachmaninov, sebagai “lapangan kiri”.

Orang tidak bisa membantahnya, meski saya akan menambahkan bahwa itu sebenarnya cukup indah, pekerjaannya yang paling matang sekalipun.

“Tentu saja itu akan kembali ke akar saya,” katanya. “Saya sangat merindukan Georgia, dan saya mendengar paduan suara di Spotify, dan mereka meniup pikiran saya. Aku terpesona dengan nada dan kekayaan sonik mereka. Ketepatan dan kekuatannya benar-benar membuatku terpesona. Dan saya merasa ada album yang akan dibuat tentang musim dingin yang bisa membuat Anda merasakan bagaimana Sinatra dan Johnny Cash dan Patsy Cline membuat saya merasa – hangat, nostalgia dan terhibur. ”

Dia membuat studio DIY di kota kecil pusat komunitas Gori dan di sanalah album tersebut direkam.

Serta paduan suara (yang akan bergabung dengannya dalam tur Eropa yang akan datang), album ini terkenal karena dua lagu sebagai penghormatan kepada kakeknya yang berusia 84 tahun, yang dia kunjungi saat dia membuat album tersebut.

Dia dikirim ke Siberia saat berusia 19 di hari-hari terakhir Stalin, karena menjadi “bandit”. Sebenarnya dia telah memberikan alibi untuk dua teman yang telah mencuri roti dari toko. Setelah kembali dari Siberia, ia belajar untuk belajar kuliner

Article By :
Dr. Willard Dixon Hasibuan adalah seorang ahli motor dan spesialis mesin kendaraan Indonesia dan salah satu pendiri Indonesia Bermotor. Lahir pada tahun 1976, ia pun menaruh perhatian pada mesin dan memicu ketertarikannya pada mekanik dan teknik.