Yakin Jenis Ban Motor Sudah Ideal?

Memilih ban, terutama bagi para pengendara motor harian merupakan hal yang tidak kalah penting sebab sangat menentukan kenyamanan ketika berkendara di jalan. Pasalnya akan menyebalkan ketika Anda sedang terburu-buru berangkat ke kantor namun ban motor tidak dapat diajak kompromi. Berbicara tentang permasalahan yang terjadi pada ban motor tentu banyak macamnya. Mulai dari ban bocor, ban bergoyang, ulir retak, spot wear bahkan tread chipping. Penyebabnya pun bermacam-macam, selain karena ranjau yang beterbaran di jalan, pemilik motor pun juga turut andil dalam menyebabkan ban cepat rusak. Misalnya karena memilih tipe ban yang tidak sesuai.

Untuk diketahui, setiap jenis motor memiliki tipe ban yang berbeda-beda. Tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan. Di pasaran sendiri, kita dapat mengenal jenis ban motor yang perlu Anda pahami. Di antaranya, ada jenis ban sport atau semi slick, sport touring, touring, cruiser, scooter, off road, dan racing. Ban tersebut akan sempurna jika sesuai dengan jenis motor Anda.

Ban Motor Bebek

Motor jenis bebek, lebih cocok menggunakan ban tipe cruiser. Tipe ban ini memiliki daya tahan yang lebih baik dari tipe ban sport. Sehingga bisa dibilang tipe cruiser memiliki daya tahan yang lumayan awet untuk penggunaan sehari-hari. Namun daya cengkeramnya masih kalah dengan tipe sport. Alur pada ban juga lebih banyak, karena berfungsi untuk membuang air di jalanan yang basah. Cocok digunakan untuk perjalanan dekat. Tapi tetap bagus untuk perjalanan jauh.

Ban Motor Matic

Untuk motor jenis skuter atau matik, sangat disarankan untuk menggunakan ban tipe scooter. Sebab motor scooter memiliki ukuran diameter yang lebih kecil daripada bebek, bahkan tidak lebih dari 14 inci. Sehingga jenis ban yang dibutuhkan pun harus lebih kecil daripada ban tipe cruiser. Ban jenis scooter memang khusus digunakan untuk motor skuter seperti vespa dan matic. Nilai plus dari ban ini adalah cengkraman atau grip yang dimiliki serta keawetannya sama dengan ban tipe cruiser. Ban tipe ini, tidak terpengaruh cuaca panas atau dingin. Namun sebaiknya hanya gunakan motor matic untuk penggunaan jarak dekat saja.

Ban Motor Sport

Anda yang selalu ingin tampil tangguh dengan motor sport, sudah pasti gunakan tipe ban sport, touring atau sport touring. Ban tersebut harus terbuat dari karet keras sehingga menghasilkan daya tahan yang lebih lama. Ban jenis ini biasanya digunakan oleh motor sport ber cc menengah ke atas, daya cengkraman yang dibutuhkan pun haruslah bagus baik di jalan yang basah atau suhu dingin. Namun tetap perhatikan perbedaan di antara ban sport, sport touring, dan touring karena setiap tipe ban tetap ada perbedaannya.

Ban Motor Trail

Terakhir terdapat ban motor untuk tipe trail. Sejatinya ban ini hanya cocok untuk motor supersport yakni ber cc 1000 ke atas. Ban tipe ini memiliki grip atau daya cengkram yang luar biasa dan hanya bisa ditempuh 1000 mil saja. Tingkat cengkraman ini akan meningkat sesuai dengan suhu ban yang meningkat namun akan sangat tinggi pada saat motor menikung. Sehingga wajar saja jika motor ini hanya cocok untuk balapan. Bahkan mungkin Anda sudah lebih dahulu sampai di tempat tujuan sebelum suhu ban ini panas.

Terlebih dari semua itu, satu hal yang pasti adalah Anda harus menyesuaikan motor dengan kondisi jalanan, cuaca, serta jauh dekatnya setiap perjalanan Anda. Selain itu pilihlah ban dengan merk yang sudah terpercaya sebab kualitas keamanan yang dijual tentu akan lebih terjamin. Jangan lupa lakukan pengecekan tekanan angin minimal sebulan sekali untuk memastikan ban motor Anda dalam kondisi prima. Jika Anda ragu dimana harus membeli ban, maka kunjungi Planet Ban! Dapatkan layanan pasang ban gratis serta isi nitrogen selamanya!

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *