Bagaimana Rasa Kopi Toraja yang Banyak Orang Cari

Jalan-jalan motoran keliling Indonesia tak lengkap rasanya tanpa menyeduh kopi yang sarat akan kekhasan aroma nusantara. Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik dan merupakan rumah bagi beberapa jenis kopi yang luar biasa dan kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. 

Macam-macam kopi ini sendiri ditentukan dari tempat menanam yang tersebar di beberapa pulau. Sebut saja Sumatera, Jawa, dan Bali. Tidak ketinggalan adalah pulau Sulawesi, tempat bagi sejumlah kopi dengan tekstur halus. 

Sulawesi, merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, sebelumnya dan kadang-kadang masih disebut sebagai Celebes, adalah salah satu dari beberapa daerah penghasil kopi terkenal di Indonesia. 

Kopi Sulawesi biasanya termasuk dalam kategori buah. Kualitasnya bersahaja yang merupakan ciri khas kopi Indonesia. Teksturnya cenderung halus jika dicecap. Varietas yang paling terkenal dari Sulawesi adalah kopi Toraja.

Kopi Toraja dari Sulawesi (Celebes) adalah kopi multidimensi yang ditanam di dataran tinggi tenggara dan khas oleh cita rasanya yang tinggi. Biji kopi premium ini, ditanam di tanah vulkanik dataran tinggi yang kaya sehingga menghasilkan rasa yang kompleks dengan profil yang indah dan eksotis.

Bagaimana rasa kopi Toraja? Kopi Toraja Sulawesi menawarkan profil rasa yang kompleks seperti campuran antara buah-buahan, cokelat hitam, dan kayu manis. Tingkat keasamannya juga sangat minim. Rasa manis ala pedesaan dalam setiap cangkir yang dihasilkan menjadi aspek penting yang membuat orang-orang tergila-gila. 

Kamu Harus Tahu Informasi tentang Kopi Toraja Berikut ini

Jika kamu termasuk orang awam yang ingin memulai hobi meminum kopi, mungkin bisa memilih kopi Toraja terlebih dahulu sebagai salah satu rekomendasi penting yang harus dicoba.

1.Karakteristik Kopi Toraja

Kopi Toraja yang baik dan berkualitas mempunyai keseimbangan yang pas seperti warna buah yang matang layaknya cokelat hitam. Kopi ini cenderung memiliki keasaman yang relatif rendah, namun lumayan menggigit. Ia sedikit lebih asam dari kopi Sumatera dan lebih ‘bersahaja’ daripada Arabika Jawa.

Seperti kopi Sumatera, profil kopi Toraja disebut-sebut ‘dalam’ dan elegan. Buah yang diredam dan rasa manis dari kontur pedesaan tempat ia ditanam, memberikan sentuhan rasa ‘pedas’ di mulut.

Tidak salah jika kopi ini dikatai kompleks bagi penikmatnya. Kopi Toraja memang menawarkan beberapa rasa dalam satu tegukan. Campuran antara rasa buah kopi yang matang, kayu manis, dan coklat hitam. Layaknya karamel yang pekat dan kaya rasa. Semua itu dibungkus dalam satu paket dengan teksturnya yang cenderung halus.

2.Tempat Menanam

Kopi Toraja ditanam pada kontur tanah yang relatif tinggi di pulau Sulawesi. Sekitar 1.500 meter dari atas permukaan laut.

Sebagian besar produksi Kopi Toraja berasal dari petani-petani kecil. Meski begitu sekitar 5% produksi kopi ini juga disumbangkan oleh tujuh perusahaan besar.

Kontur tempat menanam kopi ini memang unik. Kondisi geografis, atmosfir, serta kontur tanah dan unsur hara di dalamnya menjadikan komoditi ini terbaik di kelasnya. Menciptakan kopi Arabika yang sempurna.

Kombinasi antara kualitas biji kopi dan kapasitas produksi menjadikan kopi Toraja sebagai salah satu kopi yang paling dicari penikmatnya dari seluruh dunia.

3.Metode Pengolahan

Pengolahan kopi Toraja dilakukan dengan metode Giling Basah. Proses ini akan menghasilkan biji kopi hijau bebas sekam (digiling tetapi belum dipanggang) dengan warna gelap yang berbeda. Proses semi-kering, yang kadang-kadang menyebabkan pemanggangan tidak merata, memiliki efek signifikan pada karakter kopi yang diseduh.

Dalam beberapa kasus pengolahan kopi menciptakan rasa apak atau keras, atau rasa membumi yang kuat yang dikagumi oleh beberapa orang meskipun yang lain merasa tidak enak.

4.Tips Menyimpan Kopi Toraja

Selalu simpan kopi di tempat yang sejuk, gelap dan kering. Jangan di dalam freezer atau kulkas. Jika Anda sudah membuka pembungkus kopi, tempat terburuk adalah freezer karena biji kopi akan menyerap kelembapan. Ini sangat penting untuk mencegah rasa dan aroma halus dari kopi yang baru dipanggang menurun kualitasnya karena paparan cahaya dan udara.

Sungguh menggoda selera bukan? Jika kamu memang ingin menikmati kopi sejati, tidak ada salahnya mencoba membeli kopi Toraja berkualitas di https://kopidistributor.com/

(Visited 10 times, 1 visits today)