Ganti Oli Motor Sebaiknya Berapa Lama Sih?

Andalan transportasi kamu motor? Kemanapun kamu pergi naik motor? Pasti motor itu sangat penting ya buat kamu. Pastikan kamu tau ganti oli motor sebaiknya berapa bulan sekali. Sebab kamu harus merawatnya dengan baik. Ada baiknya kamu tau berapa lama ganti oli motor yang tepat agar kondisi mesin selalu terjaga prima.

Berapa lama ganti oli motor

Salah satu pertanyaan yang sering ditanya pengguna motor itu adalah ganti oli motor matic sebaiknya berapa bulan sekali? Biasanya setiap kali kamu membeli motor dapat buku panduan kan? Namun tidak sedikit orang yang tidak membacanya, entah itu karena malas, atau merasa tidak perlu dan penting.

Dalam buku manual umumnya diinformasikan kalau waktu ideal buat mengganti oli motor adalah setelah motor digunakan sejauh 2000 atau 3000 kilometer. Nah, biasanya itu dalam jangka waktu 2 bulan sekali, walau tidak selalu sama persis ya. Atau ada juga buku manual yang katakan setiap 4 bulan sekali atau setelah 4000 kilometer.

ganti oli motor berapa lama

Ganti Oli Motor Sebaiknya Berapa Lama

Walaupun bervariasi, namun tetap saja ada beberapa faktor lainnya yang mesti diperhatikan juga, soalnya penggantian oli yang tepat juga tergantung kondisi motor itu sendiri serta cara penggunaan kamu.

Kalau kamu sering menggunakannya buat menanjak ataupun melewati genangan air, ada baiknya kamu lebih cepat mengganti oli, tidak menunggu waktu ideal itu.

Kamu sering telat mengganti oli motor kamu? Hati-hati lho, banyak efek buruk yang bisa terjadi.

Salah satu akibat tidak ganti oli motor pada waktunya adalah motor kamu bisa mengalami turun mesin, dan kamu mesti mengganti komponen yang rusak. Bayangkan kalau kamu mesti mengganti piston, biayanya cukup besar kan?

Kamu tidak punya waktu buat mengganti oli motor kamu sendiri? Tidak ada salahnya kamu ke bengkel motor, tapi mesti pilih yang terpercaya dan terbukti bagus ya. Jangan tergiur dengan harga murah.

Sebenernya kalau kamu pintar-pintar memilih oli, oli dengan kandungan tertentu bisa bertahan dengan waktu yang lebih lama. Misal, jika kamu biasa ke bengkel sebulan sekali (biasanya bengkel rekomendasi seperti itu) dengan oli yang bagus dan pemakaian yang wajar kamu bisa mempertahankan oli sampai 2 bulan.

Pertanyaannya adalah memang bisa oli yang bagus tapi harganya masuk di kantong?? Apa ciri-ciri oli yang bagus dan bisa tahan lama? Umumnya, harga buat mengganti oli motor tergantung dari merk oli yang tepat serta tipe motor apa yang kamu miliki. Kisaran kasarnya adalah antara Rp 45 ribu sampai 150 ribu per liter. 

Harga oli motor

Salah satu jenis oli yang bagus adalah oli x-ten. Harga oli x-ten sendiri bervariasi, berkisar antara Rp 42 ribu hingga Rp 79 ribu.

Spesifikasi oli x ten

Ada beberapa Spesifikasi oli x ten, beberapa diantaranya adalah:

  • Oli motor matic 125cc
    • X-TEN 10W30 matic JASO MB/API SL yang botolnya berwarna biru.
    • X-TEN 10W40 matic JASO MB/API SL yang botolnya berwarna merah.
  • Oli motor matic 150cc

X-TEN 10W40 Super matic JASO MB/API SL yang botolnya berwarna ungu.

  • Oli motor bebek 110-125cc

X-TEN 10W40 JASO Moped MA/API SL yang botolnya berwarna hijau.

  • Oli motor transmisi manual 110-125cc di bawah tahun 2015

X-TEN 20W50 JASO MA/API SO yang botolnya berwarna kuning

  • Oli motor transmisi manual 150cc

X-TEN 10W40 JASO Sport MA/API SL yang botolnya berwarna orange. 

  • Oli sport bike premium 250cc

X-TEN 5W30 JASO Premium sport MA2/API SN yang botolnya berwarna orange.

Kelebihan oli x ten sendiri diantaranya adalah ketahanannya yang lebih lama dibanding jenis oli lainnya, bahkan oli full synthetic. Oli ini bisa tahan hingga 5000 kilometer.

Kelebihan lainnya adalah tingkat keausan yang 0% yang bakal menjaga mesin motor kamu selalu prima pada suhu tinggi saat perjalanan jauh.

Oli jenis ini juga menjaga akselerasi motor agar selalu tetap stabil. Selain itu juga mesin lebih tahan lama dan aman buat dipakai sehari-hari soalnya membentuk lapisan pelindung dinding silinder biar aman dari gesekan piston.

Selain itu oli X-TEN memiliki kemampuan cleansing yang tinggi, mesin bakal dibersihkan bagian-bagiannya dari sisa pembakaran tanpa tersisa kerak sisa-sisa pembakaran di bagian mesinnya. Dengan begitu performa mesin tidak bakal terganggu.

Sudah cukup banyak informasinya kan? Jadi jangan lupa mengganti oli kamu sesuai waktu yang dianjurkan dan selalu merawat kondisi motor kamu biar mesinnya tetap prima dan awet.

(Visited 105,830 times, 1 visits today)